PEROLEHAN DAN PENERAPAN PENGETAHUAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Mulyoto Mulyoto

Abstract


Abstrak: Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk men-ciptakan suasana atau memberikan pelayanan agar murid-murid dapat belajar secara baik. Dalam menciptakan suasana, guru perlu memahami proses para murid memperoleh pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru dapat memahami proses pemerolehan pengetahuan, maka guru dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi murid-muridnya. Terjadi-nya proses pembelajar bagi murid yang sedang belajar memang sulit untuk diketahui secara kasat mata, karena proses belajar berlangsung secara mental. Namun, dari berbagai hasil penelitian, para ahli psikologi dapat menggambarkan bagaimana proses tersebut berlangsung. Ahli psikologi behavior memandang bahwa proses belajar terjadi melalui ikatan stimulus dan respon. Ahli psikologi gestalt berpendapat bahwa proses pemerolehan pengetahuan didapat dengan cara memandang sensasi secara keseluruhan sebagai suatu objek yang memiliki struktur atau pola-pola tertentu. Semen-tara itu, ahli psikologi konstruktivis berpendapat bahwa proses pemerolehan pengetahuan melalui penstrukturan kembali struktur kognitif yang telah dimiliki agar bersesuaian dengan pengetahuan yang akan diperoleh sehingga pengetahuan itu dapat diadaptasi.

Kata kunci: pengetahuan, behavior, gestalt, konstruktivis

Permalink: http://jurnal.undaris.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/28


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.